Ulfah, Anisa (2018) Pengaruh Aspek Komunikasi Efektif Petugas Laboratorium terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Panti Waluyo Surakarta. Skripsi. Program Studi D-IV Analis Kesehatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Setia Budi. Skripsi thesis, Universitas Setia Budi Surakarta.
Text
ABSTRAK.pdf Download (89kB) |
|
Text
Naskah Skripsi_.pdf Download (2MB) |
Abstract
Komunikasi yang efektif antara petugas laboratorium dan pasien merupakan aspek penting yang dapat mempengaruhi kepuasan pasien laboratorium. Kepuasan pasien merupakan salah satu hal penting dalam mengevaluasi mutu pelayanan kesehatan. Ada lima aspek dalam membangun komunikasi efektif, yaitu kejelasan, ketepatan, konteks, alur dan budaya. Dan dalam hal ini pelayanan prima yang diharapkan adalah cara petugas laboratorium berkomunikasi secara efektif dengan pasien. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan cross sectional dengan teknik sampling purposive sampling. Subyek penelitian adalah pasien rawat jalan sebanyak 229 responden. Semua variabel diukur dengan menggunakan kuesioner. Data dianalisis dengan teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Tidak ada pengaruh antara kejelasan dalam aspek komunikasi efektif petugas laboratorium terhadap kepuasan pasien rawat jalan; (2) Tidak ada pengaruh antara ketepatan dalam aspek komunikasi efektif petugas laboratorium terhadap kepuasan pasien rawat jalan; (3) Tidak ada pengaruh antara konteks dalam aspek komunikasi efektif petugas laboratorium terhadap kepuasan pasien rawat jalan; (4) Ada pengaruh antara alur dalam aspek komunikasi efektif petugas laboratorium terhadap kepuasan pasien rawat jalan; (5) Tidak ada pengaruh antara budaya dalam aspek komunikasi efektif petugas laboratorium terhadap kepuasan pasien rawat jalan; Hasil uji ANOVA pada analisis regresi linier berganda menunjukkan ada pengaruh positif dan signifikan antara aspek komunikasi efektif petugas laboratorium terhadap kepuasan pasien rawat jalan (Fhitung > Ftabel = 4,922 > 2,254); Hasil R2 sebesar 7,9% artinya kepuasan pasien rawat jalan di RS Panti Waluyo ditentukan oleh aspek komunikasi efektif petugas laboratorium, sedangkan 92,1% ditentukan oleh faktor-faktor lain yang belum diketahui. Kata kunci: komunikasi efektif, petugas laboratorium, kepuasan pasien, rawat jalan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komunikasi efektif, petugas laboratorium, kepuasan pasien, rawat jalan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Prodi D4 Analis Kesehatan |
Depositing User: | magdalena kartika ningsih |
Date Deposited: | 22 Feb 2019 07:07 |
Last Modified: | 22 Feb 2019 07:07 |
URI: | http://repo.setiabudi.ac.id/id/eprint/16 |
Actions (login required)
View Item |