Zainudin, Ahmad (2014) EVALUASI KINERJA INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH UNGARAN DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD. Tesis thesis, Universitas setia budi.
Text
BAB I.pdf Download (223kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (656kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) | Request a copy |
|
Text
BAB VI.pdf Download (202kB) |
|
Text
INTISARI.pdf Download (70kB) |
Abstract
Pengukuran kinerja terhadap Instalasi Farmasi rumah Sakit Umum Daerah Ungaran dilakukan secara komprehensif dengan pendekatan Balanced Scorecard (BSC) melalui empat perspektif yaitu pembelajaran dan pertumbuhan, proses bisnis internal, costumer dan keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Ungaran ditinjau dari empat perspektif BSC. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian studi kasus non eksperimental dengan pendekatan deskriptif eksploratif. Pengumpulan data secara retrospektif dan prospektif berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dianalisis isinya dan data kuantitatif dianalisis secara statistik wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Kinerja perspektif keuangan menujukkan bahwa nilai ITOR pada tahun 2010 dan 2011 sebesar 7,37 kali dan 8,04 kali; anggaran yang terealisasi pada tahun 2010 dan 2011 sebesar 100% dan 99,92%; persentase pembayaran faktur yang ditunda pada tahun 2012 sebesar 29,0%. 2). Kinerja perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan persentase pelatihan karyawan pada tahun 2010 dan 2011 sebesar 42,9% dan 9,5%; pengembangan SIM tidak pernah dilakukan; kepuasan karyawan sudah baik dan rata-rata skala semangat kerja karyawan 3,94. 3). Kinerja perspektif proses bisnis internal menunjukkan tingkat ketersediaan obat sebesar 98,61%; rata-rata waktu penyerahan obat 25,21 menit; rata-rata waktu pemberian informasi obat sebesar 24,48 detik; medication error pada tahun 2011 terjadi 1 kali; tingkat potential error sebesar 0%; penulisan resep di luar formularium sebesar 8,2%; dan pembaharuan formularium sudah maksimal. 4). Kinerja perspektif pelanggan menunjukkan kepuasan pasien belum puas dengan nilai kinerja dan harapan yang berbeda signifikan, nilai gap pada dimensi tangibles sebesar -0,07, reliability sebesar -0,12, responsiveness sebesar -0,12, assurance sebesar -0,18, emphaty sebesar -0,20; tingkat keterjaringan pasien sebesar 86,57%; tingkat pemerolehan pelanggan sebesar 56,46%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kinerja IFRSUD Ungaran ditinjau dari 4 perspektif BSC masih kurang baik. Kata kunci: Evaluasi, Kinerja, Balanced Scorecard, Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Ungaran
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Dr.Satibi, M.Si., Apt |
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, Kinerja, Balanced Scorecard, Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Ungaran |
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Fakultas Farmasi > Prodi S2 Farmasi |
Depositing User: | Mrs NOVI HANDAYANI |
Date Deposited: | 01 Nov 2019 08:02 |
Last Modified: | 01 Nov 2019 08:02 |
URI: | http://repo.setiabudi.ac.id/id/eprint/3171 |
Actions (login required)
View Item |