HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN KECENDERUNGAN NARSISTIK PENGGUNA FACEBOOK PADA REMAJA

Hutagaol, Lasmaria (2023) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN KECENDERUNGAN NARSISTIK PENGGUNA FACEBOOK PADA REMAJA. Skripsi thesis, Universitas Setia Budi.

[img] Text
Form Publikasi.pdf

Download (343kB)
[img] Text
lasmaria suket 1 maret.pdf

Download (27kB)
[img] Text
INTISARI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (622kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (421kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (317kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

INTISARI Studi saat ini berfokus pada bagaimana tingkat kebisingan berubah di media sosial, khususnya Facebook. Remaja diberikan pertimbangan dalam hal rencana hidup dan gaya hidup karena berkembangnya kebutuhan untuk mencari identitas unik bagi diri sendiri. Kecenderungan perilaku narsistik termasuk harga diri, kurangnya empati, keinginan untuk pujian dan persetujuan dari orang lain, dan sikap angkuh. Persepsi diri seseorang terdiri dari semua pemikiran mereka tentang diri mereka sendiri, khususnya bagaimana mereka melihat, memandang, dan menilai diri mereka sendiri. Sesuai dengan kriteria gangguan narsis yang ditentukan oleh DSM V-TR yang digunakan dalam penelitian ini, maka populasi yang diteliti dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Setia Budi. Ada sekitar 80 peserta. Menggunakan teknik random sampling dengan Non probability. Pendekatan yang dilakukan menggunakan penelitian kuantitatif. Uji korelasi product moment Pearson digunakan untuk uji hipotesis. Terdapat hubungan antara persepsi diri dan kecenderungan narsistik, dengan rxy = -0,2702 setara dengan 7,29% dan P = 0,016 (P = 0,05). Nilai Rsquare (R2) sebesar -0,0729 atau 7,29% menunjukkan kontribusi yang efektif. Teori yang diajukan diterima berdasarkan temuan penelitian.menunjukkan hubungan terbalik yang substansial antara mahasiswa yang menggunakan Facebook dan konsep diri serta kecenderungan narsistik mereka. Korelasi antara kedua variabel ini menunjukkan bahwa kecenderungan narsistik berbanding terbalik dengan konsep diri, dengan konsep diri yang lebih tinggi dikaitkan dengan kecenderungan narsistik yang lebih rendah dan sebaliknya ABSTRACT This research focuses on how noise levels change on social media, particularly Facebook. Adolescents give consideration in terms of life plans and lifestyle because of the growing need to find a unique identity for oneself. Narcissistic behavioral tendencies include self esteem, a lack of empathy, a desire for praise and approval from others, and a haughty attitude. A person's self-perception consists of all of their thoughts about themselves, specifically how they see, view, and value themselves. In accordance with the narcolepsy criteria determined by the DSM V-TR used in this study, the population studied in this study was Setia Budi University students. There were about 80 participants. Using random sampling technique with Non-probability. The approach taken is using quantitative research. Pearson's product moment correlation test is used to test the hypothesis. There is a relationship between self-perception and narcissistic tendencies, with rxy = -0.2702 equivalent to 7.29% and P = 0.016 (P = 0.05). Rsquare value (R2) of -0.07292 or 7.29% indicates an effective contribution. The proposed theory is accepted based on research findings. demonstrated a substantial inverse relationship between college students using Facebook and their self-concept and narcissistic tendencies. The correlation between these two variables suggests that narcissistic tendencies are inversely related to self concept, with higher self-concept being associated with lower narcissistic tendencies and vice versa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengguna Facebook, Konsep Diri dan Kecenderungan Narsistik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Prodi S1 Psikologi
Depositing User: USB
Date Deposited: 14 Mar 2024 02:44
Last Modified: 14 Mar 2024 02:44
URI: http://repo.setiabudi.ac.id/id/eprint/6160

Actions (login required)

View Item View Item