Ramadhani, Ervianti Wahyu (2023) PERBEDAAN PERILAKU PROSOSIAL PADA SISWA SMK X KARANGANYAR DENGAN SMA NEGERI Y KARANGANYAR. Skripsi thesis, Universitas Setia Budi.
Text
ervianti-1.pdf Download (89kB) |
|
Text
ervianti surat 16 agustus siang.pdf Download (39kB) |
|
Text
INTISARI.pdf Download (224kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (476kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (256kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (521kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (467kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (267kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
INTISARI Perilaku prososial adalah suatu perilaku menolong yang memberikan manfaat positif dan kesejahteraan hidup pada orang yang ditolong secara sukarela tanpa mengharapkan imbalan. Lingkungan sekolah memiliki peran penting dalam mendidik siswa dengan berbagai macam perbedaan dan keterbatasannya, sehingga memungkinkan siswa untuk mampu mengembangkan perilaku prososialnya melalui interaksi dengan orang yang berbeda dan belajar menerima perbedaan tersebut. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan perilaku prososial pada siswa SMK X Karanganyar dengan SMA N Y Karanganyar. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 60 siswa SMK X Karanganyar dan 68 siswa SMA N Y Karanganyar. Penelitian ini menggunakan alat ukur yaitu skala perilaku prososial. Hipotesis yang diajukan yaitu adanya perbedaan perilaku prososial pada siswa SMK X Karanganyar dengan SMA N Y Karanganyar. Metode analisis data menggunakan metode Mann Whitney dengan bantuan SPSS 21.0 for windows dan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.154 nilai p > 0,05. Hal tersebut membuktikan hipotesis dalam penelitian ini ditolak, yang artinya tidak ada perbedaan signifikan perilaku prososial pada siswa SMK X Karanganyar dengan SMA N Y Karanganyar. ABSTRACT Prosocial behavior is a helping behavior that provides both positive benefits and well-being to the person being helped voluntarily with no expectations of reward. The school environment plays an essential role in educating students with differences and limitations, hence allowing students to be in a position to develop their prosocial behavior through interactions with different people and learn to accept these differences. The study aims to determine whether there are differences in prosocial behavior between students of SMK X Karanganyar and SMA N Y Karanganyar. The sampling technique in this study was simple random sampling, with the research subjects consisting of 60 students of SMK X Karanganyar and 68 students of SMA N Y Karanganyar. This study applies a measuring instrument, namely the prosocial behavior scale. The hypothesis proposed is that there are differences in prosocial behavior in students of SMK X Karanganyar and SMA N Y Karanganyar. The data analysis method used the Mann-Whitney method with the assistance of SPSS 21.0 for Windows and obtained a significance value of 0.154 p value> 0.05. This proves that the hypothesis in this study is rejected, which means there is no significant difference in prosocial behavior between students of SMK X Karanganyar and SMA N Y Karanganyar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku Prososial, Sekolah Menengah Kejuruan X Karanganyar, Sekolah Menengah Atas N Y Karanganyar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Prodi S1 Psikologi |
Depositing User: | USB |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 02:38 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 02:38 |
URI: | http://repo.setiabudi.ac.id/id/eprint/6158 |
Actions (login required)
View Item |